7 Tips Agar Media Sosial Kamu Aman dari Hacker

Share
  •  
  • 2
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
    2
    Shares

Apakah kamu sering bergonta-ganti akun media sosial? Jika iya, maka pasti ada sebabnya. Penyebabnya beragam, dari lupa password, ada masalah pertemanan di akun sebelumnya hingga di-hack oleh orang lain. Nah, di artikel kali ini kita akan membahas penyebab terakhir, yaitu di-hack. Di artikel Teknologi kali ini kita tidak akan membahas cara meng-hack, melainkan cara mencegahnya. Okay, ini dia 7 tips agar media sosial kamu aman dari hacker.

  1. Jangan Pernah Sebarkan Nomor Handphone

    Hal simple yang bisa kamu lakukan adalah menjaga kerahasiaan nomor handphone-mu sendiri, cukup orang-orang terdekatmu saja yang tahu. Jangan sampai orang asing atau orang yang tak kamu kenal bisa tahu nomormu, apalagi sampai menyebarkan dengan sengaja agar tambah eksis. Maaf, tapi itu adalah tindakan yang sangat bodoh. Nomor handphone-mu itu PENTING karena digunakan untuk verifikasi sosial media, verifikasi email bahkan digunakan juga untuk mobile banking dan hal penting lainnya. Nomor handphone-mu tersebut bisa disalahgunakan oleh orang-orang yang tak bertanggung jawab, seperti mengirim spam, SMS Penipuan, menyebarkan hoaks, hingga kasus mama minta pulsa (ngakak).

  2. Anti Memberikan Kode OTP

    Nah, ini pun tak kalah pentingnya dan banyak orang yang menyepelekannya. Kode OTP (One Time Password) yang dikirimkan dari email, aplikasi atau khususnya media sosial, jangan pernah sekalipun kamu beritahukan kepada orang lain dengan alasan apapun. OTP ini sangat penting karena digunakan untuk verifikasi atau membuktikan bahwa yang login atau menggunakan media sosialmu saat itu adalah kamu, bukan orang lain. Kita bisa ambil contoh kasus Maia Estianty yang GoPay-nya dikuras dan akun Tokopedia-nya diambil alih oleh orang lain gara-gara kode OTP ini. Jadi, jangan pernah memberikan kode OTP-mu kepada orang lain!

  3. Gunakan Two-Factor Authentication

    Sekarang banyak fitur keamanan yang bisa kamu gunakan, salah satunya adalah two factor authentication. Jadi, fitur ini membuat kamu login ke berbagai media sosialmu dengan 2 kali autentikasi untuk memverifikasi bahwa itu benaran kamu, bukan orang lain. Terdengar ribet sih, tapi ini semua dilakukan demi keamanan akunmu bukan? Di Facebook, kamu bisa ke Setting – Security and Login – Use Two-Factor Authentication. Sedangkan di Twitter, kamu bisa ke Setting and Privacy – Account – Security – Two-Factor Authentication. Lalu untuk Instagram, kamu bisa ke Settings – Security – Two-Factor Authentication. Fitur ini pun tersedia juga di email, aplikasi dan media sosial lainnya untuk menjaga akunmu dari tangan-tangan jahil.

  4. Punya Akun Email Alternatif

    Apakah kamu pernah menonton serial Mr. Robot? Sang tokoh utama memulai dengan membobol email targetnya untuk bisa mengetahui rahasia dan selak-beluk lainnya. Nah, jika sang hacker sudah bisa menguasai email-mu, apalagi jika itu email utama dan hanya satu-satunya. Tamatlah sudah semua media sosialmu. Jadi, penulis sarankan membuat email alternatif jika terjadi hal-hal yang tak diinginkan. Email alternatif ini pun bisa kamu hubungkan ke email utamamu untuk recover jika seandainya kamu lupa password atau email-mu sudah di-hack sekalipun, masih ada kesempatan untuk mengambil alihnya kembali.

  5. Gunakan Password yang Sulit Ditebak

    Hal ini mungkin jarang diperhatikan oleh kebanyakan orang lain, dikarenakan semua orang ingin password yang sederhana agar mudah diingat. Sangat disarankan untuk menggunakan password yang sulit ditebak, jangan pernah sekalipun kamu menggunakan password standar, tanggal lahir apalagi nama pasanganmu, semisal 01234567, andre02121990, atau LoveMeva. Gunakan password yang sulit ditebak, semisal B@nd!7, Tad!B3rak1O, IHateDnaldTrmpButIloveHisWife69 (Jangan ketawa kalau terlihat alay, ini hanya beberapa contoh saja), dan password lainnya yang sekiranya sulit untuk ditebak.

  6. Jangan Pernah Memberitahukan Password

    Ini pun salah satu yang patut kamu terapkan dalam hidupmu dalam bersosial media. Jangan pernah memberikan password media sosial milikmu kepada siapapun, sekalipun itu pada pasanganmu. Mau dipaksa, dirayu pun kamu jangan pernah memberikan karena kamu memiliki privasi yang tak boleh dilanggar. Kalau pasanganmu tetap memaksa, itu artinya dia tidak mempercayaimu atau bagaimana jika nantinya kalian putus? Jangan sampai malah nanti mantanmu sendiri yang meng-hack akun media sosialmu.

  7. Ganti Password Secara Berkala

    Ya, ini bisa kamu lakukan sekali sebulan atau beberapa kali dalam setahun. Terdengar merepotkan, namun sekali lagi ini semua demi menjaga akun media sosialmu. Jika kamu tipe orang yang pelupa, tulis di aplikasi note yang memiliki fitur keamanan untuk membukanya, seperti Evernote.

Nah, bagaimana tips mengamankan media sosial di atas? Apa kamu memiliki tips lainnya? Silakan tulis di kolom komentar. Jika artikel ini bermanfaat, jangan lupa share ke media sosialmu agar teman-temanmu tahu. Terima kasih dan selamat mencoba!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *