Review IDNTimes, Platform Menulis untuk Generasi Millennials & Z

IDNTimes adalah salah satu platform portal berita dan hiburan yang ada di Indonesia. Selain itu, IDNTimes pun memberikan peluang bagi para penulis untuk berkontribusi di kanal Community, nah ini dia 7 alasan kenapa kamu harus menulis di IDNTimes. Berikut ulasannya:

Kelebihan IDNTimes

1. Konsep Gamification yang Menarik

IDNTimes memiliki konsep yang menarik dalam mengelola para penulis kontributornya. Konsep apa itu? Konsep Gamification atau gamifikasi, suatu metode yang mengajak para penulis kontributornya untuk bekerja sembari bermain. Lah, kok bermain? Iya, jadi platform IDNTimes ini membuat kita seolah-olah sedang  memainkan sebuah game (permainan). Hal tersebut akan memacu semangat menulis para kontributornya. Beberapa ciri khas Gamification yang ditampilkan di sini, di antaranya terdapat sistem points, ranks dan leaderboard (Top Writers). Saya akan menjelaskan lebih rinci perihal points di bahasan selanjutnya.

2. Honorarium

Ya, IDNTimes memberikan apresiasi terhadap para penulis kontributornya melalui sistem points. Nah, points ini akan meningkat seiring bertambahnya viewers dari artikel yang sudah dibuat sebelumnya. Selain itu, points ini pun akan menentukan rank para penulis. Lalu, points yang sudah terkumpul tersebut bisa kamu tukarkan dengan uang honorarium. Sikasik! Mekanismenya yaitu: Setiap artikel yang mendapat 100 viewers akan diganjar 1 point. Kamu bisa menukar points tersebut dengan uang ketika sudah mencapai minimal 500 points. Semisal, kamu mendapatkan 100.250 viewers, maka kamu akan mendapatkan 1000 points yang setara dengan uang senilai Rp. 100.000,-.

3. Tampilan yang Menarik

Review IDNTimes

Mari kita masuk ke pembahasan perihal tempilan. IDNTimes memiliki tampilan yang menarik dengan dominasi warna abu-abu yang dipadukan dengan warna merah tua dan hitam, membuatnya tampak elegan dan clean. Di halaman depan alias homepage-nya, terdapat beberapa navigasi yang memudahkan pengunjung, seperti kategori pilihan (#MillenialsMemilih, Hype, Community, dan lainnya), kotak pencarian hingga menu untuk login bagi para penulis. Terdapat pula teks berjalan What’s Hot yang akan menampilkan berita yang sedang hits saat itu. Di bawahnya terdapat beberapa sub, seperti FeaturedTrending, dan Artikel Terkini. Sedangkan di versi mobile-nya, hampir sama dan tidak jauh berbeda.

Review IDNTimes

Review IDNTimes

Mari kita lihat isi dalamannya, setelah melakukan login, maka otomatis kita akan dibawa ke bagian dashboard dari IDNTimes Community. Tampilan dashboard-nya pun tetap menarik yang membuat penulis betah berlama-lama di sana, terdapat menu utama berupa Dashboard, Redeem, Bank Account dan Profile Penulis. Selain itu terdapat status artikel yang telah kita buat, dari Published (Telah Diterbitkan), Draft, Pending Review (Sedang Di-review), Rejected (Ditolak) dan Revision (Revisi). Tedapat pula info lengkap tentangk penulis, seperti foto profile, total views, pointsranks dan terakhir, terdapat info perihal promo & event yang sedang berlangsung saat itu.

4. Daftarnya Gak Ribet

Review IDNTimes

Review IDNTimes

Zaman sekarang tuh bukan waktunya buat kita ribetin urusan pendaftaran. Inilah eranya kita dipermudah dengan berkembangnya teknologi yang semakin cepat. IDNTimes tahu dan sadar akan hal itu, selain mendaftar melalui email, IDNTimes pun menyediakan fitur pendaftaran via SSO (Single Sign On) melalui akun Facebook, jadi sekali klik dengan login menggunakan akun Facebook-mu, maka kamu sudah terdaftar di IDNTimes. Mudah, bukan?

5. Mengusung Beragam Tema

Menjadi situs yang mengusung sebagai platform berita dan hiburan di Indonesia, IDNTimes pun menyediakan berbagai tema lengkap yang unik, informatif dan menarik yang bisa kamu usung dan angkat dalam tulisanmu, sebutlah Viral yang membahas berbagai kabar dan berita viral saat itu, Games dari bahasan tentang mobile game hingga console seperti Playstation, Nintendo hingga Wii, bahkan bagi kamu yang menyukai dunia otomotif, terdapat tema Automotive, bagi kamu yang suka menulis cerpen pun terdapat tema khusus yaitu Fiction, dan berbagai tema beragam lainnya yang bisa kamu ambil.

6. Anak Muda Banget

IDNTimes memiliki sebuah taglineThe Voice of Millenials and Gen Z‘ dan ini sudah dengan jelas dan tegas siapa target pembacanya, para anak-anak muda dari generasi Millenials dan juga generasi Z. Hampir semua artikel dan videonya cocok untuk dibaca oleh anak-anak muda. Sekalipun usiamu sudah mulai semakin dewasa atau bahkan sudah berkeluarga, namun menulis di IDNTimes akan membuatmu serasa menjadi muda lagi. Cobain dah!

7. The Power of Social Media

IDNTimes memiliki beberapa akun media sosial yang memiliki ratusan ribu bahkan jutaan pengikut, dari Facebook Fan Page, Twitter, Instagram hingga YouTube. Hal ini menjadi kelebihan sekaligus kekuatan bagi IDNTimes itu sendiri sebagai platform anak muda, karena sebagian besar anak muda mengakses media sosial hampir setiap hari. Nah, hal ini pun menguntungkan juga bagi para penulisnya. Pasti bangga donk tulisanmu ditampilkan di IDNTimes dan media sosialnya, perlahan namun pasti kamu pun akan dikenal oleh banyaj orang. Oiya, selain media sosial, IDNTimes pun memiliki aplikasi mobile yang bisa kamu unduh di Google Playstore maupun AppStore untuk menjangkau lebih banyak pembacanya. Keren!

Kelemahan IDNTimes

Tak berimbang rasanya jika saya hanya menuliskan berbagai kelebihannya saja. Maka dari itu, saya pun akan menyoroti secara singkat perihal kelemahannya. Here we go!

  • Konsep viewers dapat dicurangi oleh para penulis, oleh karena itu saran saya mungkin opsi tambahan seperti lebih menonjolkan banyaknya share bisa jadi pertimbangan seberapa manfaat dan populernya sebuah artikel.
  • Events/program menulis yang diadakan IDNTimes harus dibuat semenarik dan seberagam mungkin agar tidak terkesan monoton, tidak hanya rewards berupa bonus points saja, tapi bisa pula diberi alternatif lainnya seperti pulsa gratis, gadget terkini, sertifikat menulis, buku, pelatihan, tiket nonton, seminar, dll.
  • Tidak hanya berupa konten tulisan saja (Listicle & Narasi), IDNTimes pun bisa memberikan opsi lain bagi para kontributornya untuk berkarya dalam bentuk lain, semisal meme comic, quiz dan video.

Okay, mungkin itu saja review singkat saya mengenai platform IDNTimes ini. Semoga artikel ini bisa bermanfaat untuk kita semua, khusunya dalam memilih platform menulis yang cocok untuk kita. Terima kasih.

Bebal Boy

Anak bebal yang selalu mencoba berbagai hal.

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *